Skip to main content

AKAR WANGI

AKAR WANGI (Vitiveria zizanioidies (L) Nash. Ex, Small)
   
Nama Lokal : 
Useur (Gayo); hapis, usar (Batak); akar babau )Minangkabau); akar banda (Timor); iser, morwastu (Sumatera Utara); usa, urek usa (Makassar); janur, narawastu, usar (Sunda); larasetu, larawastu, rarawestu (Jawa). Nama simplisia Vitiveriae Radix; Akar Wangi. Oleum Vitiveriae aetheriae; Minyak Akar Wangi. 
Uraian : 
Rumput tumbuh menahun, tingginya dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, entuk pita dan berujung runcing. Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasuk akar serabut berwarna kuning. 
Khasiat untuk kesehatan : 
Mengatasi bau mulut (sebagai obat kumur) rematik (obat luar). Komposisi : Akar mengandung minyak atsiri, hars, dan zat pahit. Minyaknya mengandung vetiverin, vetiveron, veton, dan vetivazulen.

Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Obat : KUNCI PEPET

Tanaman Obat

KUNCI PEPET (Kaemferia rotunda L.)

Nama Lokal : Nama daerah Jawa: kunci pepet, temu rapet, ardong (Jawa); kunir putih (Sunda); Madura: konce pet; (Melayu) temu putri. Nama simplisia Kaempferiae rotundae Rhizoma (kunci pepet). Uraian : Kunci pepet atau kunir putih sering disebut "kunyit putih" atau "Curcuma alba", sebutan nama latin yang salah. Karena daunnya bercorak indah dan tumbuhnya tidak tinggi maka sosoknya menyerupai tanaman hias sehingga sering ditanam di pekarangan atau di dalam pot. Kunci pepet juga bisa ditemukan tumbuh liar dibeberapa tempat dibagian timur Jawa sampai ketinggian kurang dari 750 meter dpl. Selain digunakan sebagai campuran jamu tradisional, kunci pepet juga sering digunakan untuk kosmetika tradisional. Tanaman ini terdapat pada dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 750 meter dpl. Banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa. Selain itu, juga ditemukan di India, Srilangka, dan Malaysia. Terna tahunan dengan tinggi 30-70 cm ini tum…